Trik dan Tips SEO Friendly pada Blog

Trik dan Tips SEO Friendly pada Blog

Hallo sob, kembali lagi dengan RJS Blog. Kali ini saya akan share pengalaman dan pengetahuan saya tentang seo. Beruntung kali sobat mampir ke Artikel saya yang kali ini. Karena Artikel saya kali ini sangat penting bagi blog sobat yang ingin Blognya menjadi " SEO FRIENDLY ". Sebenarnya ini adalah Trik dan tips yang dilakukan setelah melakukan hal wajib saat baru pertama kali membuat blog yaitu seperti menambahkan situs blog ke Webmaster tool dan menambahkan Sitemap pada Webmaster tool. Untuk Tutorial yang saya katakan wajib untuk dilakukan, silahkan di klik disini :

Klik Disini


Dalam Artikel ini yang akan saya berikan kepada sobat untuk menjadikan blog sobat SEO Friendly adalah :
1. Pengertian SEO(Search Engine Optimization/Optimisasi Mesin Pencarian)
2. Pemasangan Meta Tag yang Benar Pada Blog
3. Pemasangan Tag Heading pada Judul Isi Artikel yang Benar
4. Pemasangan Tag Title dan Alt pada Link dan Gambar pada Atikel yang Benar
5. Pemasangan Tag Description pada Artikel yang Benar
6. Membuat Artikel yang Asli dan mendukung SEO
7. Submit-lah URL Artikel sobat setelah selesai Membuat Artikel Baru dengan Segera
8. Cara mencek skor SEO pada blog


1. Pengertian SEO(Search Engine Optimization/Optimisasi Mesin Pencarian)

Optimisasi mesin pencarian (bahasa InggrisSearch Engine Optimization, biasa disingkat SEO) adalah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik kunjungan melalui mesin pencari menuju situs web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritma mesin pencari tersebut. Tujuan dari SEO adalah menempatkan sebuah situs web pada posisi teratas, atau setidaknya halaman pertama hasil pencarian berdasarkan kata kunci tertentu yang ditargetkan. Secara logis, situs web yang menempati posisi teratas pada hasil pencarian memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan pengunjung.
Sejalan dengan makin berkembangnya pemanfaatan jaringan internet sebagai media bisnis, kebutuhan atas SEO juga semakin meningkat. Berada pada posisi teratas hasil pencarian akan meningkatkan peluang sebuah perusahaan pemasaran berbasis web untuk mendapatkan pelanggan baru. Peluang ini dimanfaatkan sejumlah pihak untuk menawarkan jasa optimisasi mesin pencarian bagi perusahaan-perusahaan yang memiliki basis usaha di internet.

Referensi : Wikipedia


2. Pemasangan Meta Tag Yang Benar Pada Blog

Yang Satu ini adalah yang sangat paling penting untuk membuat Blog sobat menjadi SEO Friendly.
Meta tag sangat diperlukan dalam sebuah blog. Fungsinya adalah untuk memperkenalkan dan meningformasikan seluruh isi blog kepada Search Engine layaknya Google maupun Yahoo. Beberapa fungsi diantaranya merupakan deskripsi blog, keyword keyword yang terkandung dalam blog, copyright blog, ataupun bahasa yang digunakan dalam blog itu sendiri. Sekarang fungsi dan jenis dari meta tag sangat beragam. Selain yang sudah disebut diatas, masih ada wilayah waktu yang digunakan, negara asal blog. Semua informasi ini akan diberikan kepada search engine agar mereka bisa mengoptimalkan hasil pencarian untuk keyword atau query tertentu.

Untuk cara pemasangan Meta tag yang benar pada blog bisa dilihat disini :

Klik Disini



3. Pemasangan Tag Heading pada Judul Isi Artikel yang Benar

Tag heading juga diperlukan untuk menunjang Seo Friendly pada blog sobat. Sobat dapat menambahkan Tag-tag Heading pada judul Isi Artikel Sobat. Tag heading yang perlu diperhatikan adalah : Sobat hanya perlu membuat Tag heading H1 hanya sebanyak satu yaitu hanya untuk Judul Blog saja, dan usahakan juga selalu menggunakan tag heading H2 dan H3 pada judul isi Artikel. Seperti pada gambar dibawah :


Trik dan Tips SEO Friendly pada Blog

4. Pemasangan Tag Title dan Description pada Link dan Gambar pada Atikel yang Benar

Untuk tag title dan alt pada link dan gambar juga diperlukan dalam hal SEO. Usahakan untuk melakukan langkah ini di setiap Artikel sobat. 
Namun tag title pada Link seperti link teks kurang mendukung tapi cobalah untuk mengusahakan membuat tag title pada Link yaitu dengan menambahkan kode dibawah :


<a href="Link URL sobat" title="Masukkan Title untuk Link">Teks</a>

Lalu untuk pemasangan tag Title dan alt untuk gambar lakukan seperti pada gambar dibawah :


Trik dan Tips SEO Friendly pada Blog


Trik dan Tips SEO Friendly pada Blog


Gambar yang di copy langsung dari blog lain atau dari website lain sangatlah salah, yang benar adalah dengan menyimpan terlebih dahulu download/save dulu gambar dari website lain yang ingin dimasukkan lalu uploadlah ke blog.


5. Pemasangan Tag Description pada Artikel yang Benar

Tag Description pada Artikel sangat lah penting dan sangat berguna untuk menunjang Seo dan membuat Blog sobat tepat pada halaman pertama. Maka dengan itu buat lah deskripsi yang memungkinkan orang lain mencarinya.
Jika Setelan Deskripsi Penelusuran pada blog sobat belum ada maka ikuti langkah berikut :
1. Masuk ke menu SETELAN
2. Pilih Submenu PREFERENSI PENELUSURAN
3. Aktifkan opsi TAG META description
4. Isikan description Blog Saudara pada kolom yang tersedia
5. Klik SIMPAN PERUBAHAN

Jika sudah maka lanjut dengan melakukan langkah yaitu mengisi Deskripsi pada setelan Deskripsi Penelusuran sewaktu mau membuat Artikel baru seperti pada gambar dibawah :


Trik dan Tips SEO Friendly pada Blog

6. Membuat Artikel yang Asli dan mendukung SEO

Yang satu ini memang harus. Artikel yang asli buatan sobat akan mendukung untuk menunjang SEO bagi blog sobat. Sebaliknya jika Artikel sobat adalah hasil dari COPAS dari Blog Lain maka yang terjadi adalah Blog Sobat mendapatkan Pringkat Paling yang terendah jika Artikel Sobat adalah HASIL COPAS SEMUA. Jadi saya sarankan untuk membuat Artikel yang asli dari hasil pemikiran Sobat sendiri dan jika pun ingin mengcopas hargailah Artikel yang telah dibuat orang lain dengan cara mencantumkan Link atau URL Sumber Artikel. Cara membuat artikel agar menunjang seo adalah dengan cara menambahkan Tag title dan Alt disetiap Link dan Gambar yang ada, membuat Deskripsi Artikel, dan membuat tag heading setiap judul Isi Artikel.


7. Submit-lah URL Artikel sobat setelah selesai Membuat Artikel Baru dengan Segera

Segeralah submit URL Artikel sobat ke Webmaster Tools Google agar Artikel Sobat cepat terindex oleh mesin pencarian google.
Dengan mengklik Link dibawah :

Klik Disini


Jika sudah, masukkan URL sobat pada bagian URL, setelah itu masukkan kode Captcha-nya dan Klik tombol Submit Request.


8. Cara mencek skor SEO pada blog 

Jika sudah menyelesaikan 7 langkah yang diatas, maka tahap terakhir adalah mencek skor Blog Sobat apakah sudah SEO Friendly atau tidak. Blog yang SEO Friendly adalah Blog yang mendapatkan Skor 80.
Caranya adalah dengan mengklik link dibawah :

Klik Disini


Lalu isikanlah URL Blog sobat dan klik Check.
Sebagai contohnya sobat bisa mencek blog saya.

Sebenarnya sih masih banyak trik lain untuk meningkatkan SEO pada blog sobat. Tetapi 8 langkah yang sudah saya berikan kali ini sudah cukup untuk meningkatkan SEO pada blog sobat dan memang terbukti. Trik lainnya misalnya yaitu memilih / mendesain sendiri Template yang SEO Friendly, Mengsubmit blog ke berbagai macam mesin pencarian, dan ping berbagai mesin pencarian agar data mengcrawl Blog kita.

Demikianlah Trik dan Tips yang saya bagikan kali ini, semoga berguna bagi sobat semuanya.
Thx...


Salam hangat dari saya, Reinhard Jonathan Silalahi

Sobat sedang membaca artikel tentang Trik dan Tips SEO Friendly pada Blog dan sobat bisa menemukan artikel Trik dan Tips SEO Friendly pada Blog ini dengan url http://reinhardjs.blogspot.com/2014/05/trik-dan-tips-seo-friendly-pada-blog.html, Sobat boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Trik dan Tips SEO Friendly pada Blog ini sangat bermanfaat bagi teman-teman Sobat, namun jangan lupa untuk meletakkan sumber link postingan Trik dan Tips SEO Friendly pada Blog sebagai sumbernya

3 komentar

-Berilah komentar yang sesuai dengan Artikel
-Berilah komentar yang sopan
-Dilarang keras membuat link aktif di komentar
-Dilarang menggunakan kata-kata yang kasar dalam berkomentar
Jika sobat tidak memiliki akun gmail untuk berkomentar, sobat dapat memilih beri komentar sebagai -> pilih yang .." Name/URL ".. Lalu Isikan Nama sobat. Dan jika sobat memiliki blog jgn lupa untuk menuliskannya "URL"-nya ya.
Dan yang paling penting, jangan gunakan panggilan gan atau yang sejenisnya. Wkwk.
Salam hangat dari saya, Reinhard J.S

Blogger Follow Button Icon PNG
Scroll to top